1. Memperbesar cc :Piston bisa diganti dengan CB125/GL125 dan untuk
CB100 maksimum lebih baik punya GL Pro.....itu aja udah amat sangat
tipis.....jangan lebih ya......Yang pasti liner/boringnya juga diganti
yg lebih gedhe, itu jika mau aman.Untuk piston GLpro kudu ngiris daging
blok mesin yg bawah.Berikutnya menambah stroke/langkah piston. Ini bisa
dilakukan dengan memindah pin setang seher yg bawah lebih menjorok
keluar dengan batas aman 4 mm.
2. PengapianUntuk CB100 yg masih make Accu lebih baik diganti dengan CDI
Shogun. Apinya lebih gedhe....walopiun yg punya mocin juga oke buat
harian.Unutk merubah dari platina ke CDI bisa denga 2 cara, Yg pertama
dengan menempelkan pulser di bekas dudukan platina. Saya tdk
menngajurkan itu, sebab jarak pengapian terlalu pendek trus pengapian
bisa berubah-ubah tergantung dari kelayakan Noken AS, yg bila oblak maka
pengapia juga ikut berubah. Itu juga masih tergantung dari rantai
keteng, laher dan bos nokenAs. Yg kedua dengan menempelkan pulser di As
Kruk. Ussahakan make pulser yg original, yg baik sih punya honda Tiger,
Kwak binter Joy. Yg biasa make grand aje..... Caranya potong plat besi
seukuran 1x1,5 cm dengan tebal 2 mm. Las di as kruk bagian bawah, dan
las juga / buat dudukan buat pulsernya. Jarak pulser dan plat tadi 1,5
mm.Pemasangan CDI menurut kabel yg dipunya tiap CDI tsb.Ada juga
tambahan : ambil magnet + spul punya grand/supra dan tempelin di dudukan
magnet yg lama ( perlu modif dikit ). Abis itu buat coakan di blok
sebelah kiri dan minta buatin ke las alumunium buat dudukan pulsernya.
3. KarburatorKarbu tentu minta spuyer yg lebih besar, tapi tentunya
lebih baik diganti dengan punya GLpro atau tiger, yg punya ymh RX juga
oke, tapi buat dudukan sendiri.
Modif Berat :
Modif ini intinya sama dengan yg diatas, biasanya sih ambil satu set
blok kop punya GL Max/pro .Trus piston juga bisa ngaplikasi punya Tiger,
syaratnya baut dudukan kop mesin ikut diubah.Magnet bisa ditiadakan
bila aplikasi CDI DC dengan aki kering.Yg susah rantai keteng, nyari aja
bekas punya GLMax/Pro yg justru udah molor.Bila sproket belakang
standar, gigi sekunder satu ama dua bisa diganti. Atau jika tetep ya
sproket blakangnya yg dikecilin. Untuk trek panjang udah cukup gear set
CB100, tapi kalo buat trek pendek&patah2 mendingan gear setnya
GL100.