Pemecahan Masalah yang Terjadi di Lampu Hid,Berikut Panduannya

Belajarmodifmotor - Penggunaan lampu HID sudah bukan barang baru lagi, sekarang sudah banyak bertebaran merek-merek lampu HID. Mulai dari merek berkualitas bagus sampai yang Biasa aja. Harganya pun ada yang Rp 200 ribuan sampai tembus jutaan.

Tapi lampu ini suka bikin penggunanya bingung kalo tahu-tahu mati. Kalo masih pakai lampu bohlam biasa sih, tinggal cek I fisik bohlamnya atau ganti bohlam maka sudah normal lagi tuh. Nah kalo lampu HID gimana?

Gak usah bingung apalagi sampain mengkudeta hati buat menjauhi lampu HID hehehe... Tinggal cek 3 bagian inti dari sistem lampu HID kok. Tiap pembelian paket lampu HID kan dapat bohlam HID, relay set dan ballast, nah tinggal cek tiga bagian ini, saran Jarot Hardianto dari Raja LED,Berikut Langkah Pemeriksaan HiD anda :

                                                   Skema Pemasangan Lampu HiD

Pertama ballast, cara ngecek ballast rusak atau enggak, lepas ballast dari relay set, lalu buat kabel penghubung langsung ke positif dan negatif aki, kalo lampu HID nyala berarti ballast sehat, kalo mati sebaliknya, papar Jarot. Penyebab ballast mati karena arus listrik gak stabil dan usia pakai.


Lalu bohlam HID, cara paling mudah dilihat dari fisiknya. Ada yang pecah karena kebocoran arus listrik, tandanya ketika sakelar lampu digeser ke ON dan terdengar bunyi percikan listrik itu berarti ada arus listrik yang bocor dan bohlam bisa pecah.


Dan relay set jadi bagian yang paling jarang rusak nih. Cara paling mudah cek sekring, kalo sekring gak ada masalah berarti part dalam relay set yang rusak, mau gak mau harus ganti baru karena gak bisa diperbaiki. (motor.otomotifnet.com) 
Latest
Previous
Next Post »