adalah salah satu
anggota dalam jajaran Motor 250cc 4-Tak Legendaris asal 4 Pabrikan
besar Negeri Sakura Baby GSX ini diperkenalkan resmi ke Publik pada
tahun 1987 dan mengalami beberapa update desain hingga akhirnya resmi
distop produksinya pada tahun 1994 silam (EA baru umur 2 tahun, Nih
motor bengis udah discontinue T_T ). . .
Untuk versinya, GSX
250 ini terbagi menjadi dua Versi yakni GSX-R 250 & GSX-R 250 SP,
Dimana versi SP (Sport Production) mengusung beberapa part yang lebih
beraroma Racing seperti karburator lebih gambot, Shockbreaker Full
Adjustable & Kaliper Cakram lebih Besar dibanding versi R yang
merupakan versi Standar Untuk menghemat artikel, Pembahasan detail
kita kali ini akan difokuskan ke Generasi Terakhirnya saja ya
Bila melihat dari
sisi Desain, Tentunya GSX 250 ini mengingatkan kita akan rupa Motor
Sort Jadul dengan Body Gambot, Lampu Bulet-bulet serta Buritan yang
klasik namun Seksi abis deh Brosist. . . Namun jangan salah loh,
Meski desainnya cupu bila dibandingkan dengan motor-motor jaman
modern sekarang, Tapi apa yang ada di dalam GSX 250 ini pasti bikin
kita menelan ludah deh Brosist. . . Tuh, Lihat aja Frame Twinspar &
Swing Arm Seksi Alumunium Casting nya, Yang ini bukan Almu-almu an
loh tapi Full Alumunium beneran. . . Belum lagi Stang Clip On nya
yang keren abis plus Fork Teleskopik 41mm nya yang Gambot
Canggihnya detail di
sisi desain, Ternyata menjalar juga ke sektor mesin loh Brosist. . .
Yap ! Seperti para kompetitornya, Suzuki juga membekali GSX 250 ini
dengan mesin super 4-Tak, 250cc Inline-4 Silinder DOHC 16 Valves
berpendingin Liquid Cooled. . . Tak hanya itu yang ciamik, Di bagian
sistem penyuplai BBM-nya, GSX 250 menggunakan 4 Karburator Mikuni 32
mm pada Versi SP & 4 Karburator Mikuni 29 mm pada Versi R. . .
Jangan bergeming dulu ya Brosist, Sebab ternyata si GSX R 250 ini
juga sudah dibekali SPES (Suzuki Power Up Exhaust System) Layaknya
EXUP Systemdi Yamaha FZR250R. . . Wuihh !!
Performa nya pun tak
perlu dipertanyakan. . . Muntahan power maksimalnya kabarnya mampu
mencapai 53 HP @ 15.500 RPM ! Namun diakibatkan Regulasi pemerintah
jepang sana terkait pembatasan power motor, Walhasil Power Baby GSX
ini pun harus dikebiri menjadi hanya 45 HP @ 14.000 RPM saja Brosist.
. . Namun, Berkat ukuran stroke-nya yang hanya 33 mm, Walhasil Baby
GSX ini mampu dengan mudah menembus 19.000 RPM. . . Tentunya RPM
setinggi itu adalah sebuah cita rasa tersendiri mengingat raungan
knalpotnya persis ala jagoan motoGP yang selalu kita saksikan di
Layar Kaca. . . Waow Josspoll !!
Sebagai tambahan
nya, ini adalah spesifikasi Suzuki 250 cc